Pelatnas Taekwondo Manfaatkan Kerja Sama Korea-Indonesia

Minggu, 17 April 2011 | pada 21.03

Taekwondo akan manfaatkan kerja sama pemerintah dengan universitas Olahraga Nasional Korea Selatan beberapa waktu lalu, untuk pemusatan latihan atlet yang dipersiapkan berlaga di SEA Games 2011.

Menurut rencana pada 15 April sejumlah atlet akan diberangkatkan ke Korea Selatan untuk mengikuti pemusatan latihan, sekaligus berlaga di Kejuaraan Dunia pada 2-6 Mei mendatang.

"Kita dua kali berangkat ke Korea Selatan," ujar manajer pelatnas taekwondo Yosep kepada Media Indonesia di Jakarta, Minggu (10/4). Taekwondoin yang keberangkatan pertama akan kembali pada Mei. Setelah itu rombongan kedua berangkat dan kembali pada Juni mendatang.
Yosep menambahkan, taekwondoin Indonesia juga akan berlatih di Korea Selatan karena akan dilangsungkan kualifikasi Olimpiade 2012. Selama di Korea Selatan, sebanyak 34 taekwondoin akan mendapatkan pelatihan langsung dari pelatih Negeri Ginseng itu.

"Tapi ada pelatih dari kita juga. Kita ada referensi (mengenai sosok pelatih yang tepat) dari juara Olimpiade asal Korea yang ke Indonesia beberapa waktu lalu. Dia janji akan berikan rekomendasi pelatih khusus," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Korea National Sport University (KNSU) menandatangani memorandum of understanding (MoU) di Jakarta, Kamis (7/4). Penandatanganan MoU itu dilakukan Joko Pekik dari pihak Kemenpora dan Presiden KSNU Jong Wook-kim.

Ada empat butir yang disepakati, yaitu pertukaran atlet dan pelatih, penelitian bersama, pertukaran informasi terkait sport science, dan pelatihan-pelatihan bersama. Surat kesepakatan itu akan diperbarui setiap tiga tahun sekali.

Dengan MoU itu, ada dua cabang olahraga yang akan diutamakan dikirim ke Negeri Ginseng itu, yakni taekwondo dan panahan. Pengiriman kedua cabang itu guna mengenjot pretasi atlet Indonesia jelang SEA Games XXVI, Jakarta-Palembang, November mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar