Taekwondo Try Out ke Kejuaraan Dunia

Kamis, 07 April 2011 | pada 06.32

JAKARTA: Cabang taekwondo tampaknya benar-benar serius mempersiapkan atletnya menghadapi SEA Games XXVI, yang akan berlangsung 11-26 November 2011 mendatang. Betapa tidak, cabang bela diri ini menjadikan kejuaraan dunia taekwondo yang akan berlangsung 15 April nanti di Korea Selatan sebagai ajang try out.Menurut rencana, 24 atlet yang sedang digodok dalam pelatnas di Cibubur, Jakarta Timur, itu akan diberangkatkan semua.
"Kita berangkat full team ke kejuaraan dunia di Korea untuk melihat sejauh mana perkembangan prestasi atlet kita. Setelah itu, atlet kita akan diterjunkan pada prakualifikasi Olimpic di Azarbaijan bulan Juli nanti. Kemudian, Agustus mendatang, hampir seluruh atlet taekwondo yang masih berstatus mahasiswa mengikuti Universiade di Sen Sen, China," kata Kepala Pelatih Pelatnas Taekwondo SEA Games Lam Ting kepada Suara Karya di Jakarta, kemarin.
Dikatakan, taekwondo saat ini mempersiapkan sebanyak 24 atlet yang akan turun di 15 nomor pertandingan. Dari seluruh atlet tersebut, komposisinya masih 150 persen.
Sementara untuk tim inti nanti, taekwondo membutuhkan 16 atlet, terdiri atas delapan putra dan delapan putri. Artinya, dari atlet yang ada masih akan dikurangi sekitar delapan atlet lagi.
"Taekwondo tidak akan terburu-buru membentuk tim inti. mereka akan diuji dalam banyak turnamen maupun dalam latihan. Target kita adalah merebut enam medali emas di SEA Games nanti," ucap Lam Ting, yang juga aktor film laga ini.
Ketika disinggung nomor apa saja yang diprediksi dapat mempersembahkan medali emas di SEA Games nanti, menurut Lam Ting, semua nomor punya peluang yang sama. Namun, sebagai pelatih, ia akan melihat peluang emas itu setelah entry by name pada September mendatang.
"Di cabang taekwondo, kita juga sudah saling mengetahui kekuatan atlet negara lain. Dari nama-nama yang didaftarkan nanti sudah kelihatan lawan-lawan yang akan dihadapi di SEA Games," katanya. (Markon Piliang)

0 komentar:

Posting Komentar