Beasiswa Atlet Olimpiade 2012

Selasa, 28 September 2010 | pada 09.29

Sebanyak tujuh atlet Indonesia berhasil meraih Beasiswa Olimpiade 'London 2012', setelah memenuhi berbagai kualifikasi yang ditentukan.

Ketujuh atlet tersebut yakni, Simon Santoso (bulutangkis), Sinta Darmariani (angkat besi), Okta Dwi Pramita (angkat besi), Glenn Victor Sutanto (renang), Greysia Polii (badminton), Fernando Lumain (atletik), dan Fransisca Valentina (taekwondo).

Berbagai macam kualifikasi pun harus dipenuhi ketujuh atlet tersebut untuk mendapatkan beasiswa tersebut, antara lain: atlet dari cabang olahraga olimpiade, mempunyai tingkatan teknis minimal (atlet yang telah terbukti pernah mengikuti kompetisi nasional dan internasional), dan tingkatan teknis maksimal, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Beasiswa tersebut diberikan oleh Olympic Solidarity kepada atlet-atlet yang berpotensi untuk mengikuti Olimpiade musim panas ke-30 tersebut.  Dana beasiswa yang diberikan sebesar US$800 (sekitar Rp7,2 juta) setiap bulannya selama dua tahun.

"Ini kebanggaan bagi dunia olahraga kita, karena atlet berprestasi kita mampu bersaing dengan atlet negara lain guna mendapatkan beasiswa tersebut," ungkap Ketua Komisi Atlet Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Ade Lukman di Jakarta, Sabtu (25/9).

Namun, dana tersebut, jelas Ade, tidak seluruhnya diberikan kepada atlet. Sebagian dana akan diberikan kepada pelatih dan federasi cabang olahraga sebagai biaya pelatihan. Selain itu, terdapat dana tambahan sebesar US$5000 (Rp45 juta)  yang akan digunakan sebagai biaya untuk berpartisipasi pada kualifikasi Olimpiade London 2012.

Selain ketujuh atlet tersebut, terdapat satu atlet yang memperoleh beasiswa sebesar US$1300 (Rp11,7 juta) setiap bulannya selama dua tahun, yaitu Fernando Lumain (atletik), dikarenakan atlet tersebut harus berlatih juga di Beijing. Keseluruhan biaya yang diberikan oleh Olympic Solidarity bagi atlet berprestasi Indonesia sebesar US$181400 (Rp1,63 miliar).

0 komentar:

Posting Komentar