Apa Yang Sebaiknya Dilakukan Sehabis Berolahraga?

Jumat, 03 Desember 2010 | pada 00.39

Saat kita berolahraga tubuh dipacu untuk beraktifitas dan berlatih melebihi batas kemampuan. Ini menyebabkan terjadinya perubahan besar pada tubuh, antara lain meningkatnya suhu tubuh, detak jantung dan berkurangnya cairan tubuh. pada postingan kali ini gue mencoba kasih tips sederhana sehabis berolahraga.


Denyut Jantung Meningkat
Denyut jantung akan mengalami peningkatan seusai berolahraga,hal ini menandakan adanya pengiriman darah ekstra yang membawa nutrisi ke otot agar perkembangannya maksimal. Namun jika jantung tidak kembali normal, maka jantung akan terus mengirim darah ekstra ke otot, meskipun otot sudah berhenti bergerak. Akibatnya, tidak ada sisa darah untuk menutrisi organ tubuh lain.
Tips: Agar detak jantung normal kembali lakukan pendinginan seperti melakukan gerakan pemanasan diawal selama kurang lebih 10-15 menit.

Peningkatan Suhu Tubuh
Kondisi dimana saat suhu tubuh mengalami peningkatan, pori-pori akan melebar untuk dapat mengeluarkan keringat yang berfungsi menurunkan suhu tubuh. Biasanya pada saat ini bakteri dan kotoran akan mudah masuk.
Tips: Meskipun tubuh mengeluarkan banyak keringat seusai berolahraga, namun usahakan agar Anda tidak langsung mandi. Tubuh yang belum sempat didinginkan akan membuat suhu tubuh tetap di atas normal. Selain itu, tubuh yang mengeluarkan keringat akan membawa serta kotoran. Jika Anda mandi sebelum keringat keluar tuntas, alhasil tubuh malah tidak bersih. Sebaiknya, ganti busana yang basah karena keringat dengan yang kering, sehingga keringat bisa keluar tuntas dan terserap.

Dehidrasi (Kekurangan Cairan)
Setiap kali usai berolahraga,Rasa haus pasti menyerang, menandakan bahwa tubuh kekurangan cairan tubuh. Kekurangan cairan bisa disebabkan oleh keluarnya cairan tubuh melalui keringat dalam jumlah yang banyak.
Tips: Ganti cairan tubuh yang hilang dengan mengkonsumsi banyak air putih. Untuk mengetahui jumlah cairan yang terbuang, sebaiknya Anda menimbang tubuh, baik sebelum maupun sesudah berolahraga. Lalu minumlah air putih minimal sebanyak bobot tubuh yang berkurang. Misalnya, 1 kg bobot tubuh yang berkurang setara dengan 1 liter air yang perlu dikonsumsi.

Beberapa tips sederhana sehabis berolahraga dari gue, tips ini dirangkum dari berbagai sumber.

0 komentar:

Posting Komentar